Total Tayangan Halaman

Senin, 20 Juni 2011

Gerhana Bulan

Ada yang sempat melihat Bulan Purnama semalem..Bulat Penuh dan betul-betul indah..Allahu Akbar. Begitu sempurna Allah menciptakannya. Dan beberapa anak-anak dilingkungan komplek kami bermain dihalaman, sambil bernyanyi, "Padang Bulan..Padange koyo rino..Rembulane..sing awe-awe..Ngelengake ojo podho turu sore..."

Kamis, 16 Juni 2011 dini harinya..ternyata terjadi fenomena alam "Gerhana Bulan". Pe'nge'n tahu bagaimana proses terjadinya gerhana bulan. Gerhana Bulan terjadi karena revolusi bumi mengelilingi matahari dan bulan mengelilingi bumi. Apabila Matahari - Bumi - Bulan berada dalam posisi yang sejajar (Bumi berada diantara Matahari dan Bulan) maka akan terjadi Gerhana Bulan (Jadi ingat pelajaran IPA Firman, SD klas 4 yang privat Bimbel "BenPinter'). Bulan tidak dapat menerima cahaya dari sinar matahari karena tertutup oleh bayang-bayang bumi. Dan Gerhana kali ini istimewa karena masuk kategori gerhana terpanjang dalam satu abad terakhir, yaitu selama 100 menit (Tempo Intraktif).

Pelajaran apa yang dapat kita ambil...?
Kita lihat di langit...Ada Bulan yang bulat bersinar..dikelilingi oleh Bintang yang bertaburan, Bintangnya pun terlihat ada yang besar dan ada yang kecil...Disiang hari ada Matahari yang bersinar terang, terbit dari timur dan tenggelam di arah barat, Bergiliran dengan Bulan, untuk menemani manusia dibumi melalui malam hari. Siang dan malam silih berganti dengan tepat. Dibalik Indahnya alam, langit dan bumi, Pastilah ada Dzat yang Maha Perkasa yang mampu menciptakan Matahari yang bersinar dengan panas membara, Bumi yang begitu luas seantero jagad raya. Pastilah ada Dzat Pengatur yang Maha Pandai, sehingga semua berjalan teratur, tanpa ada yang absen. Dialah Allah..yang Maha Pencipta, Maha Besar, Maha Kuasa, dan diciptakannya semuanya itu bagi kaum yang berakal.

Subhanallah...Allahu Akbar..Allahu Akbar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar